gambar lenovo-laptop-thinkpad-e145

Mengingat kebanyakan Notebook yang beredar saat ini telah disesuaikan spesifikasinya untuk mendukung Windows 8, maka mulai sering timbul kesulitan saat kita akan melakukan proses instalasi Windows 7 pada unit-unit Notebook sekarang ini. Selain problem ketersediaan driver, salah satu problem yang paling sering muncul adalah pop up “Load Driver” pada saat proses instalasi baru akan dimulai.

load driver windows 7

Problem “Load Driver” adalah kondisi dimana proses instalasi Windows 7 terhenti dikarenakan kebutuhan akan driver tertentu yang tidak mampu di akomodir oleh file media installer Windows 7 yang digunakan. Problem ini muncul dengan ditandai oleh munculnya error message “A required CD/DVD drive device driver is missing” sesaat setelah proses instalasi Windows 7 baru mulai berjalan.

Nah, biasanya perlu dilakukan setting pada mode BIOS unit dengan mengubah beberapa setup, seperti beberapa yang sering ditemukan: check setting USB 3.0, check setting Secure Mode, check Boot Option-nya (Legacy atau UEFI), dsb. Biasanya, pada kolom sebelah kanan dari menu-menu setup BIOS yang kita klik akan menunjukkan informasi/keterangan dari menu tersebut, apakah menu itu akan mempengaruhi proses instalasi Windows 7 pada unit atau tidak.

Demikianlah problem yang ditemukan saat saya akan mencoba melakukan instalasi Windows 7 pada unit Notebook Lenovo Thinkpad E145. Problem “Load Driver” muncul dan menyita waktu hingga hampir sepanjang hari berusaha untuk menemukan solusi atas masalah ini.

Seeting BIOS telah di edit, load driver menggunakan beberapa driver seperti AHCI Controller, USB Controller dan SMBus sudah dikerjakan, proses instalasi menggunakan booting by USB Flash drive juga telah dilaksanakan, namun problem tersebut tidak juga menemukan titik terang. Hingga akhirnya, saat melakukan re-check kembali pada unit Notebook Lenovo Thinkpad E145 tersebut, saya baru sadar bahwa unit Notebook ini masih memiliki 1 port USB 2.0 di sebelah kanannya (2 port USB 3.0 di sebelah kiri, 1 port USB 2.0 di sebelah kanan).

Baca Juga  Problem Fingerprint: No More Space

Proses instalasi menggunakan DVDRW External kemudian saya arahkan agar terpasang pada port USB 2.0 di sebelah kanan unit Notebook Lenovo Thinkpad E145 tersebut. Hal ini dikarenakan file installer media kit Windows 7 yang tersedia belum mampu untuk mengakomodir driver untuk USB 3.0.

Pada akhirnya, proses instalasi dapat berjalan dengan mulus dan normal hingga proses selesai. Semakin menyenangkan, dimana driver-driver Windows 7 untuk unit Notebook Lenovo Thinkpad E145 telah tersedia lengkap di website resmi Lenovo. Hal ini tentunya akan mempermudah end user untuk menemukan driver yang paling sesuai untuk unitnya.

 

Platinum Computer | Konsultan IT Jakarta