Mesin absensi fingerprint memiliki fungsi utama untuk menyimpan memori sidik jari yang telah terdaftar dalam sistem, sehingga saat proses absensi dilakukan, maka mesin akan langsung mencocokkan kode sidik jari yang masuk dengan data sidik jari yang terdaftar. Proses ini kemudian akan menciptakan log database per kejadian absensi yang dilakukan. Untuk itu, dibutuhkan kapasitas memori tertentu pada mesin agar proses log ini dapat tersimpan untuk beberapa waktu.

Masing-masing mesin absensi fingerprint memiliki spesifikasi kapasitas memori yang berbeda-beda, misalnya: Mesin Solution X700 memiliki kemampuan untuk menyimpan 100.000 transaksi, lalu Mesin Solution X401 memiliki kapasitas log untuk menyimpan hingga 500.000 transaksi. Kapasitas memori mesin yang semakin high-end biasanya juga akan semakin tinggi tingkat kemampuannya dalam menyimpan log data.

Lalu, apa yang terjadi saat kapasitas memori mesin sudah tidak mampu lagi menyimpan log data dikarenakan size-nya yang telah penuh?

Saat hal itu terjadi, maka saat proses absensi dilakukan, pada mesin akan muncul pesan error ‘tdk ada tempat” atau “no more space”. Hal ini menandakan kondisi memori mesin yang sudah terlampau penuh sehingga data baru tidak dapat disimpan kembali oleh mesin ke dalam memorinya.

Error No More Space Fingerprint

Solusi atas problem yang terjadi ini, admin mesin harus melakukan pembersihan log data dalam memori mesin. Namun, yang wajib untuk diperhatikan, sebelum proses pembersihan log data dilakukan, admin mesin terlebih dahulu harus melakukan back up log data yang ada dalam memori mesin dengan menjalankan proses download data dari mesin. Sinkronisasi mesin bisa dilakukan dengan bantuan software manajemen absensi (attendance management).

Langkah-langkah untuk mengatasi problem “no more space” pada mesin absensi fingerprint Anda:

  1. Login ke dalam software manajemen absensi.
  2. Lakukan sinkronisasi dengan mesin absensi yang mengalami problem “no more space”.
  3. Klik pada menu “Pengaturan Mesin”.
  4. Pastikan Anda telah memilih opsi “Download Data Presensi” terlebih dahulu agar seluruh log data absensi yang masih tersimpan di dalam mesin dapat ditarik ke dalam computer client yang telah di install software manajemen absensi.
  5. Setelah proses back up melalui opsi “Download Data Presensi” selesai dilakukan, maka pilih opsi selanjutnya “Hapus Data Presensi” untuk melakukan pembersihan log data presensi yang ada dalam mesin. Proses ini akan menghapus data presensi yang sebelumnya telah tersimpan dalam mesin, sehingga kapasitas memori pada mesin absensi fingerprint menjadi lega kembali.
Baca Juga  Apa Itu Public, Private dan Hybrid Cloud?

Agar di ingat, kondisi memori mesin absensi fingerprint pasti akan penuh dalam skala jumlah transaksi tertentu. Maka, solusi di atas tentunya harus di ulangi kembali bila suatu saat problem yang sama muncul kembali. Hal yang mudah di praktekkan, jadi selamat mencoba.

Apabila Anda membutuhkan updgrade / penambahan mesin absensi fingerprint atau pemasangan solusi Access Door, maka Anda dapat menghubungi kami segera untuk solusi dan harga terbaik bagi kebutuhan Anda.

 

Platinum Computer | Konsultan IT Jakarta